Rabu, 15 September 2010

PROSES PEMBUAHAN DAN PERKEMBANGAN JANIN


Proses terjadinya pembuahan dan perkembangan bayi dalam rahim tetap merupakan peristiwa yang memukau dan menimbulkan kekaguman yang tidak habisnya. Sulit dipercaya bagaimana dalam jang waktu yang sependek itu sebuah sel yang telah dibuahi dapat tumbuh menjadi bayi kecil dalam rahim ibunya.

1.       Sel  Telur
Sel telur ini terdapat dalam kedua kandung telur si ibu. Dalam sel telur itu terdapat 23 kromosom, yang membawa sifat-sifat yang akan diturunkan oleh si ibu kepada anaknya.

2.       Sel Mani
Sel mani terdapat dalam kedua kantung sel mani si ayah. Sebuah sel mani itu 85.000 kali lebih kecil dari sel telur. Sel mani itu terdiri dari bagian kepala dan ekor yang panjang. Seperti  juga dalam sel telur. Dalam kepala itu terdapat 23 kromosom.

3.       Rahim
Rahim adalah anggota tubuh yang terdiri dari otot yang sangat lentur. Pada setiap sisi terdapat kandung sel telur yang dihubungkan dengan rahim dengan sebuah saluran.

4.       Perjalanan lewat saluran telur
Sel telur itu tidak dapat bergerak maju sendiri. Rambut-rambut halus dalam saluran telur yang mendorongnya keluar.

5.       Arus sel mani
Pada setiap senggama lebih dari berates juta sel mani memasuki tubuh seorang wanita. Hanya satu yang dapat menerobos masuk dan membuahi sel telur.

6.       Pembelahan sel
bila sel telur dan sel mani saling bertemu, kromosomnya menjadi satu, terjadilah suatu kombinasi baru yang terdiri dari 46 kromosom. Sel telur ini membelah diri. Setiap belahan membelah diri menjadi dua.

7.       Enam belas sel
Empat hari sesudah pembuahan terdapat enam belas sel. Dalam setiap sel terdapat 46 kromosom. Selama pembelahan sel ini, sel telur itu bergerak makin jauh kea rah rahim.

8.       Sel telur mencapai rahim
Dengan semacam alat teraba sel telur melekat pada dinding rahim. Sesudah beberapa hari dinding rahim yang penuh lender itu tumbuh menyelubungi menutupi sel telur tadi

9.       Embrio
Sekarang dinding rahim itu keliatan menonjol. Dan tak berapa lama dinding itu akan membengkak dan muncullah sebuah benjolan berongga.

10.   Sesudah 37 hari
Sekarang embrio itu sudah 5 mm panjangnya. Sudah kelihatan benjolan kecil dari mana tangan dan kaki akan muncul. Melalui tali pusar embrio ini mendapat makanan. Pada mulanya tali pusat ini tidak lebih dari sebuah tangkai saja.

11.   Sesudah 46 hari
Embrio itu sekarang panjangnya hamper 2 cm dan mulai bergerak. Tangan dan kakinya sudah keluar. Muka dan mata serta telinga mulai kelihatan dan dasar untuk gigi sudah mulai di persiapkan.

12.   Sesudah 60 hari
Panjang embrio sekarang hampir 3 centimeter. Kepala, jika dibandingkan dengan badan. Kelihatan besar sekali. Pada kaki dan tangan mulai tumbuh jari.

13.   Tangan sesudah 7 minggu
Pada mulanya tangan itu datar dan licin. Baru kemudian jari jemari mulai muncul. Mula-mula gemuk dan pendek. Tapi makan lama bertambah panjang dan kurus.

14.   Bulan keempat
a.                   Pada dua minggu pertama seorang wanit tidak tahu bahwa ia hamil.
            Pada akhir bulan keempat berat bayi sudah mencapai 3 ons dan panjangnya 25 cm. bila ia bergerak, s
            i ibu sudah merasakannya. Setiap minggu beratnya bertambah kira-kira 3 ons.

15.   Bulan ketujuh
Bayi itu sudah menjadi makhluk sempurna. Tapi sebelum dilahirkan ia harus mencapai berat yang sempurna pula.

16.   Bulan kesembilan
Bayi siap untuk dilahirkan, kepala ke bawah, mata tertutup rapat serta tangan dan kakinya merapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar