Sabtu, 24 Juli 2010

MANFAAT LAKTASI

      Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari menyusui. Salah satunya adalah terjalinnya hubungan yang lebih erat antara ibu dengan si buat hati. manfaat pemberian ASI bagi bayi mungkin sudah banyak diketahui oleh para ibu. tetapi ibu juga perlu mengetahui lebih banyak lagi, apa saja kemudahan yang akan diperoleh mereka melalui laktasi, mengingat masa-masa awal peran sebagai ibu umumnya begitu melelahkan dan membuat stress.

TIDUR NYENYAK
Bayangkan, ibu harus terbangun di tengah malam karena si kecil lapar dan menangis. Dalam keadaan mengantuk, ia harus segera bangkit dan membuatkan susu botol untuk si kecil. Sebaliknya, bila ibu memberi ASI, ibu hanya memiringkan badan lalu kembali tidur sambil menyusui si kecil.

BEPERGIAN
Bepergian bersama bayi akan jauh lebih mudah jika ibu masih memberinya ASI. ibu tidak perlu membawa banyak barang untuk keperluan minum bayi. cukup membawa popok, kain untuk menggendong bayi, dan siap berangkat. bila hendak menyusui, ibu cukup mencari tempat yang nyaman. lain halnya bila bayi diberi susu botol, ibu harus memikirkan bagaimana cara menyimpan susu supaya tetap steril atau bagaimana menghangatkannya sebelum diberikan.

WAKTU PERSIAPAN
Bila menggunakan susu formula, ibu perlu membeli susu, selalu menjaga kebersihan botol, bagian dot dan membuang sisa susu yang tidak habis diminum. Di jaman yang serba mahal ini, membuang sisa susu tentu merupakan suatu pemborosan. Sebaliknya ASI dapat diberikan kapan saja, tidak usah dibeli (lebih murah), selalu berada dalam suhu yang tepat dan tidak memerlukan strelisasi.

MERAMPINGKAN TUBUH
Menyusui merupakan kegiatan yang mengeluarkan banyak kalori. oleh karena itu, ibu dianjurkan untuk tetap makan banyak selama masa laktasi. kenyataannya, walaupun makan banyak berat badan ibu yang menyusui akan tetap mengalami penurunan secara bertahap sehingga berat badan mereka lebih cepat kembali seperti sebelum hamil.

BILA PENYAKIT MENYERANG
Anak yang memperoleh ASI lebih jarang sakit dibandingkan dengan anak yang mendapat susu formula. Bila sampai terserang penyakit, umumnya mereka akan lebih cepat sembuh karena sejak awal anak sudah memperoleh ASI yang mengandung antibodi, sehingga melindungi mereka dari penyakit dan membantu memulihkan tubuh.
Karena ASI mudah dicerna, maka bayi yang diberi ASI tidak mudah mengalami dehidrasi atau malnutrisi. Seandainya si ibu sedang terserang flu, masih tetap dapat menyusui bayinya sambil berbaring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar