Minggu, 03 April 2011

Saran Untuk Menenangkan Tangisan Bayi

Ketika bayi menangis dan Anda tidak tahu penyebabnya, Anda mungkin akan merasa tidak berdaya. Kebanyakan orangtua mengalami hal ini dalam hidupnya setidaknya beberapa kali, bahkan jika mereka sebenarnya punya bayi yang relatif tenang dan tidak rewel. Ada beberapa hal yang Anda dapat coba untuk mencari tahu apa yang mereka inginkan, dan jika tidak berhasil, ada cara yang Anda dapat lakukan supaya bayi bisa kembali tidur. Tangisan bayi yang tidak bisa dikontrol memang membuat sulit para orangtua, namun tidak selalu berarti ada yang salah pada bayi hingga mereka menangis. Terkadang,bayi menangis hanya untuk melampiaskan emosi.

Ada alasan ketika bayi terus dan terus saja menangis. Mengetahui penyebabnya mungkin kelihatan lebih jelas dan jauh lebih gampang dari yang Anda kira. Anda bisa berpikir tinggal menyusui bayi sehingga mereka tidak akan lapar, namun pendapat ini tidak selalu benar. Selalu gunakan pedoman dasar dalam menghadapi tangisan bayi. Coba beri mereka makanan, cek popoknya, lihat jika kulit mereka tergesek dengan baju, dan coba berikan dot jika mereka terbiasa dengan dot.

Jika hal yang dituliskan di atas tidak berhasil, coba pikirkan hal-hal yang membuat bayi menangis sehingga tidak dapat dihibur. Lihat jika ada rambut yang terikat di antara jari kaki atau tangannya, yang dapat menyakitkan dan membuat kerusakan jangka panjang. Periksa apakah ada ruam atau iritasi kulit lainnya yang mungkin mengganggu mereka, lalu cek juga suhu tubuh mereka. Jika mereka memakai kaos kaki atau sepatu, lepaskan untuk memastikan bukan itu penyebabnya. Berikan pemeriksaan yang intensif supaya yakin penyebab mereka menangis bukan karena sakit fisik.

Terkadang, bayi menangis karena sakit perut. Meskipun pada akhirnya sakit perut bisa diredakan, namun sebagian bayi tetap saja menangis untuk meluapkan emosi. Jika Anda melihat ini sering terjadi, datangi dokter untuk memeriksa perut bayi  atau gangguan fisik yang mungkin membuat mereka merasa tidak nyaman. Ingat bahwa bayi belum bisa berbicara, jadi mereka menggunakan tangisan untuk berkomunikasi. Mungkin keliatan jelas bahwa mereka mau memberitahu Anda dengan cara menangis bahwa mereka dalam kesakitan.

Jika ternyata tidak ada yang salah pada bayi setelah Anda melakukan seluruh pemeriksaan, serta telah memastikan bahwa tidak ada yang menyakiti mereka namun bayi tetap menangis, kadang-kadang Anda harus membiarkan mereka menangis sampai habis. Tapi bukan dengan cara membiarkan mereka sendiri di ruangan. Anda bisa membawa mereka jalan-jalan dengan meletakkan mereka di dalam mobil atau di kereta bayi. Sebagian bayi tangisnya akan mereda ketika Anda menyanyikan mereka lagu. Sebagian bayi lagi menangis hanya untuk mendapatkan perhatian. Seiring mereka tumbuh, Anda akan belajar lebih banyak tentang tangisan mereka dan apa yang harus dilakukan agar tangisannya reda. Tangisan-tangisan yang mengganggu ini lama-lama akan hilang dan Anda lama kelamaan juga akan lebih paham tentang tangisan unik mereka.

sumber : dokterMu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar